Tujuh Kantong Dievakuasi Hari Ini

45
Proses evakuasi kantong jenazah di lokasi longsor tambang bakan (Foto:Istimewa)

BMR.NEWS,BOLMONG –
Tim SAR gabungan kembali evakuasi tujuh kantong di lokasi longsor tambang busa Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Rabu (06/03). Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Bolmong, Ingli Paputungan mengtakan, kantong yang sudah dievakuasi dari bukit, langsung dikirim ke Posko Post Mortem DVI Polda Sulut, di RSUD Kotamobagu, untuk diidentifikasi. “Hari ini tujuh jenazah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dari dalam lubang. Jenazah yang pertama kita temukan pada pukul 08.18 Wita, kedua 10.05 Wita, ketiga 10.18 Wita, keempat 14.18 Wita, kelima 14.22 Wita, keenam 14.26 Wita dan jenazah ketujuh pukul 14.40 Wita,” jelas Paputungan.

Dengan ketambahan tujuh kantong tersebut, total korban yang berhasil dievakuasi dengan alat berat, sejak Sabtu (2/3/2019) sampai Rabu (6/3/2019) hari ini, sebanyak 18 kantong jenazah. Sementara itu, sembilan kantong jenazah yang berhasil dievakuasi, Selasa (5/3/2019) kemarin, tim dokter Postmortem berhasil mengidentifikasi lima korban.

Kepala Postmortem DVI Polda Sulut, dr Paula Lihawa mengatakan, kelima jenazah teridentifikasi karena mudah dikenali, sebab memiliki tanda khas dibagian tubuh. “Teridentifikasi dari tanda khas berupa tato di bagian badan, dan bekas luka. Untuk pakaian sudah tidak bisa dikenali lagi,” ungkapnya. Lanjut dia, masih ada satu kantong jenazah yang dipending proses identifikasi. “Masih Satu yang ditahan karena ada keragu-raguan kami. Jadi kami menunggu tim dari Manado untuk membandingkan, cocok atau tidak,” kata Paula.

Dirinya menambahkan bahwa, pihaknya dalam hal ini Post mortem juga menerima tiga bagian tubuh yang tidak terhubung dengan jenazah manapun. “Jadi, kita kuburkan masal sebagaian tubuh yang tidak teridentifikasi, tapi kami sudah mengambil sampel DNA untuk nanti kita bandingkan dengan sampel DNA yang melapor. Jika ada kecocokan kami akan menunjukkan dimana lokasi yang dikuburkan masal,” tambahnya. (tim/gry)

Berikut jenazah yang sudah teridentifikasi Tim DVI Polda Sulut :

1. Ranti Nanasi, Desa Tudu Aog.

2. Herlan Okong, Desa Mopusi.

3. Novri Sumaila, Desa Padang,    Bintauna.

4. Ilham Gonibala, Desa Tanoyan Selatan.

5. Hajimi Mokodompit, Desa Tanoyan Selatan.

6. Juslan Rantelino, Desa Tanoyan Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.